Thursday, March 16, 2017

Aku TIdak Normal (Part 2)



Sebelum baca yang ini, baca Aku Tidak Normal (Part 1) dulu yaa, biar nyambung gitu.

Katanya ketika seseorang sulit tidur itu namanya insomnia. Aku juga tidak terlalu mengerti insomnia itu seperti apa. Kalau kata alodokter.com sih, "Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. " Nah, masalahnya aku tidak yakin kalau aku ini pengidap insomnia, mana tau aku memang tak ada niat untuk tidur aja. Aku bisa kok tidur, cuma waktu tidurnya saja yang berbeda. Selanjutnya orang juga bilang kalau sulit tidur itu tanda-tanda seseorang mengidap depresi. Apa aku sedang depresi? Aku juga tidak tahu. Kalaupun benar aku mengidap insomnia atau depresi, sepertinya belum perlu bagiku untuk menemui dokter atau psikiater untuk menanyakan kondisiku. Hidupku masih baik-baik saja seperti ini. Biarpun ada seorang teman yang selalu saja bilang kalau aku ini sudah gila, entah lah. Mungkin dia benar. Mana ada orang gila yang tahu kalau dia sudah gila.

Pernah sesekali aku coba tidur cepat. Ketika sudah jam 10 malam aku matikan lampu kamar dan aku jauhkan handphone-ku, aku paksa mataku tertutup. Mataku memang tertutup, tapi cuma sesaat terus terbuka lagi. Dan akhirnya tidak berujung tidur, aku tetap tidak bisa. Karena bosan aku malah keluar telat, nongkrong jam 1 malam dan baru pulang pastinya menjelang subuh. Setelah itu aku baru bisa tertidur. Karena alasan itu sepertinya berat badanku terus bertambah dan mukaku terus membengkak. Bisa dipastikan cita-citaku untuk bisa setampan Vino G. Bastian atau Reza Rahardian gagal total.

Lantas ketika orang sudah terlelap jangan kira kita tak bisa berbuat apa-apa. Banyak hal yang dapat dilakukan ketika tidak bisa tidur. Paling sering memang nongkrong di warung kopi sampai pagi, tapi kalau dirumah? Biasanya ini yang aku lakukan:

Menggambar

Iya, tentu aku suka menggambar. Kalau bukan karena suka menggambar mungkin aku tidak kuliah di jurusan arsitektur. Heningnya malam biasanya memberikanku kenyamanan dalam meggores pena atau menggeser-geser mouse laptop. Dan dengan begitu tidak terasa waktu pun berlalu. Aku suka menggambar baik itu manual maupun digital. Banyak gambar yang aku hasilkan di malam hari, tetapi tidak pernah di siang hari. Tetapi entah mengapa aku tidak pernah menggambar sesuatu yang berhubungan dengan arsitektur. Menurutku yang seperti itu sama aja dengan bekerja. Aku suka gambar-gambar santai seperti ini:









Bermusik

Bermusik yang aku maksud baik itu mendengarkan musik, memainkan alat musik, atau menciptakan musik. Semuanya aku suka. Biasanya aku sering mendengarkan musik-musik yang cocok dengan apa yang aku rasakan pada malam itu. Terutama musik-musik hip hop nan galaunya Leessang, seperti yang pernah aku bahas sebelumnya disini. Aku juga suka memainkan alat musik terutama gitar, karena memang cuma itu yang aku bisa. Kalau bikin musik biasanya aku menggunakan aplikasi fl studio, untuk sementara belum ada yang bisa aku tunjukin, belum ada yang selesai karena masih proses belajar. Kalau lagu-lagu yang aku ciptain ada nih beberapa, silakan kalau mau dengar:



Membaca

Jangan kira yang aku baca adalah buku-buku pelajaran yang serius sejenis buku arsitektur atau perencanaan. Aku tidak suka itu, aku takut ngantuk, kan dari tadi kita ceritanya biar ada kerjaan kalau tidak tidur. Aku suka baca novel atau tulisan mengenai hal-hal lain yang sifatnya tidak begitu penting. Dengan adanya jaringan internet banyak hal yang bisa aku baca, misalnya cerita-cerita sampingan dari superhero marvel dan DC atau anime yang ada di duniaku.net, sering juga baca hipwee buat jadi bahan galau atau motivasi, terus banyak juga hal-hal menarik dan tidak penting yang bisa dibaca lewat kaskus. Pokoknya banyak deh bahan bacaanku di malam hari.

Menulis

Sejak dulu aku juga suka menulis. Tetapi baru kali ini tulisan-tulisan ini aku muat diblog. Banyak puisi-puisi yang aku tulis sejak dulu, tetapi semuanya hilang. Yang ada di blog ini hanya yang pernah tersimpan saja. Kalau mau baca puisi- puisiku disini aja, kalau cerpen disini dan kalau cerita tidak penting mengenai hidupku disini ya. hehe

Menonton

Dari kecil aku suka nonton. Dulu sebelum ada internet dan laptop, aku biasanya selalu menonton tv. Sehabis pulang sekolah sampai sebelum tidur di malam hari, tv selalu menemaniku di rumah. Apalagi ketika hari minggu pagi, maraton nonton kartun dari pagi sampai siang merupakan salah satu momen terbaik dalam hidupku saat itu. Mungkin hal ini tidak dirasakan lagi oleh anak-anak masa kini. Sampai saat ini ketika malam datang dan aku tidak bisa tidur, laptop dan tablet bergantian menjadi temanku. Di laptop biasanya aku menonton film-film yang aku download atau kopi dari teman, selalu saja ada stok film yang tidak pernah habis aku tonton. Bila sedang ada jaringan internet, aku juga biasa nonton youtube lewat tablet. Apasih yang tidak ada di youtube, semua hal yang aku ingin lihat ada dan itu menyenangkan. Dan karena itu juga aku sulit tidur ketika malam.

Bergalau Ria

Siapa sih yang tidak pernah galau. Aku sering. Galau tentang masa depan pastinya, bukan masa lalu. Karena menurutku yang sudah lalu biarlah berlalu, tidak perlu digalaukan hanya cukup untuk dikenang. Tentang menggalaukan masa depan memang sedang waktunya saja sepertinya, biasalah krisis pada umur 20an. Harus kerja apa, dapat duit berapa, kapan lulus kuliah, kapan nikah, pastinya semua itu sudah menjadi pertanyaan manusia umur 20an. Mungkin suatu saat nanti di pesawat penerbangan first class menuju Eropa, sambil tersenyum dalam hati aku berkata "aku pernah galau dan kini aku berhasil." Semoga itu terjadi suatu saat nanti ketika aku mengenang masa-masa menggalaukan seperti ini. Amin.

Belajar dan Mengerjakan Tugas

Kalau ini sebenarnya aku malas ngebahasnya. Pokoknya belajar dan nugas ini aku lakukan kalau sudah terpaksa dan sudah harus dikumpulkan ke dosen saja. Pada waktu lainnya, jangan harap.

Kesimpulannya, aku memang tidak normal. Hidupku jelas berbeda dengan kehidupan orang lain. Namun dengan perbedaan ini banyak hal yang bisa aku lakukan dan ciptakan, semua karya dan hal-hal yang berbeda dengan yang dilalui orang lain. Jadi aku tidak pernah menyesal. Ketidaknormalan ini yang membuat hidupku terasa spesial. Kecuali kalau suatu saat aku beneran depresi dan gila, itu baru lain cerita.

Mungkin sekian dulu cerita tentang aku. Kelak akan kita lanjutkan lagi pada postingan selanjutnya. Bye :)



Share:

2 comments:

  1. Hahaha, keren, keep writing ded. Ditunggu ya part 3 nya!!

    ReplyDelete
  2. First time to read your blog. Keep up the great works mas ded!!

    ReplyDelete